01 December 2008

Man City vs Man United 0-1

Manchester United berhasil memenangkan partai derby melawan tuan rumah Manchester City, Minggu (30/11/08). Bermain dengan 10 pemain, MU berhasil mempertahankan kemenangan 1-0 berkat gol Wayne Rooney pada menit ke-42 di babak pertama.

MU tampil kembali bersama Dimitar Berbatov yang baru pulih dari cedera. MU juga menurunkan bek kanan Rafael Da Silva yang tampil bagus di babak pertama. Tiga kali dia memberikan assist berbahaya ke gawang Man City yang dikawal Joe Hart.

MU memang sudah memperlihatkan keunggulannya sejak awal babak pertama. MU bahkan hampir mencetak gol pada menit ke-8. Dimitar Berbatov memberikan umpan kepada Park Ji Sung dan Ji Sung memberikan terobosan kepada Rooney. Kemudian Rooney melesakkan tendangan ke arah gawang yang dikawal oleh Hart. Hart berhasil menahannya tapi bola lepas dan hampir disambar oleh Fletcher.

Berbatov kembali menjadi ancaman pada menit ke-22. Umpan silang yang diberikan Rafael Da Silva segera disambut oleh sundulan kepala Berbatov yang mengarah kepada Hart. Tapi Hart masih bisa mencegah bola masuk ke gawangnya.

Pada menit ke-31, City seharusnya bisa mencetak gol melalui tembakan Stephen Ireland. Tembakan pemain ini menyambut bola muntah yang gagal dari Edwin Van Der Sar. Sayang, tembakan Ireland kena mistar dan keluar lapangan.

MU akhirnya dapat menyarangkan bola ke gawang City pada menit ke-42. Wright-Philips gagal membuang bola di kotak penalti sehingga Michael Carrick berkesempatan melepaskan tembakan ke tiang jauh. Kemudian Hart menepisnya tapi bola bergulir ke arah Rooney yang sudah berjaga-jaga di depan gawang. Sekali sentuhan saja, Rooney berhasil menggetarkan gawang City.

Di babak kedua, City kembali menekan pertahanan MU. Tapi tidak ada satu pun upaya tersebut yang berhasil merobek gawang Van Der Sar. Peluang terbesar yang dimiliki City ketika Wright-Philips memberikan umpan cantik kepada Benjani Mwaruwari. Namun, tendangan Benjani terlalu melebar ke gawang MU.

Nasib sial dialami bomber MU, Cristiano Ronaldo. Dia diusir wasit pada menit ke-68 setelah menerima kartu kuning keduanya. Ronaldo mencoba menghentikan bola dengan tangannya ketika hendak menyundul sepak pojok. Wasit Howard Webb langsung memberikannya kartu kuning dan itu merupakan kartu kuning kedua yang diterimanya. Alhasil, MU harus bermain dengan sepuluh pemain.


Unggul jumlah pemain, The Citizens langsung menaikkan tempo serangan. Namun, mereka tetap gagal menembus pertahanan MU yang dikawal Rio Ferdinand dkk. City bahkan nyaris kebobolan lagi karena asyik membantu serangan. Sebuah serangan balik di injury time, Rooney melepaskan tembakan jarak jauh ke gawang City yang kosong. Untung bagi City karena Hart berhasil mendahului gerak bola dan menepisnya keluar lapangan. Akhirnya, MU berhasil membawa pulang tiga poin setelah wasit Howard Webb membunyikan peluit panjang pada menit ke-95.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Bebas, sopan, dan jangan SPAM!