19 December 2008

Man United vs Gamba Osaka 5-3

Juara Eropa asal Inggris, Manchester United, mengalahkan juara Liga Champions Asia asal Jepang, Gamba Osaka, pada partai semifinal Piala Dunia Antar Klub 2008 dengan skor telak 5-3. Laga itu diadakan di Stadion International, Yokohama, malam kemarin. Dari kemenangan ini, United memastikan diri melaju ke final untuk menantang LDU Quito. Wakil klub asal Ekuador itu lolos ke final setelah mengalahkan Pachuca 2-0.

Di awal pertandingan, Gamba Osaka sering kali memberikan tekanan kepada United. Hal itu disebabkan karena United mengawali pertandingan dengan tempo yang lambat. Gamba Osaka mulai menciptakan peluang lewat tembakan Bando pada menit ke-7. Tapi, United unggul lebih dulu lewat sundulan Vidic yang memanfaatkan tendangan pojok Ryan Giggs pada menit ke-28. United kembali menggandakan keunggulan lewat sundulan C. Ronaldo hasil sepak pojok Ryan Giggs pada menit ke-46.

Di awal babak kedua, United mulai menurunkan tempo permainan. Untuk menambah daya gedor di lini depan, Fergie menarik Tevez dan memasukkan Rooney. Selain itu, Vidic juga digantikan oleh Jonny Evans karena Vidic sedikit kelihatan mengalami cedera di awal babak pertama. Setelah pergantian pemain ini, MU malah kebobolan lewat tendangan keras Masato Yamazaki pada menit ke-74.

Satu menit kemudian, Rooney yang baru masuk beberapa menit di lapangan, langsung menjebol gawang Gamba Osaka pada menit ke-75. Umpan cantik yang diberikan Fletcher (pengganti Scholes pada babak kedua) dapat dikontrol dengan sempurna oleh Rooney. Akibatnya, gol pun tercipta. Tiga menit berselang, giliran Fletcher yang membobol gawang Gamba Osaka dengan sundulan pada menit ke-78. Fletcher mendapatkan umpan dari Evra yang berhasil melewati bek Gamba Osaka.

Rooney kembali mencetak gol keduanya lewat umpan terobosan Giggs pada menit ke-79. Dengan tenangnya Rooney dapat menjebol gawang Gamba Osaka.

Pertandingan sudah memasuki menit 80-an. Hasil ini (5-1) sudah membuat pemain MU puas. Akibat dari itu, MU mulai menampilkan permainan yang lambat dan mulai memainkan bola-bola pendek. Di akhir-akhir pertandingan, Gamba mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-85. Hal ini terjadi karena bola menyentuh tangan Gary Neville di kotak terlarang. Endo yang menjadi pengeksekusi penalti dengan tenang menyelesaikannya. Skor menjadi 5-2.

Pada waktu injury time, MU kebobolan lagi di menit ke-93. Gol penutup dicetak oleh Hashimoto melalui tendangan kerasnya. Skor pun berakhir menjadi 5-3. Meski kalah, Gamba unggul dalam penguasaan bola yaitu 51% berbanding 49% dengan MU.

Sumber: jawapos.co.id dengan perubahan seperlunya

4 comments:

  1. wah detail banget nie mas..salut untuk fans MU

    ReplyDelete
  2. Makasih ya mas atas komennya....

    Ya namanya jg fans MU, harus tau semua donk...

    ReplyDelete
  3. aku nonton pertandingan ini..baru saja tak tinggal minum Rooney langsung bikin gol balasan,....gile bener...

    ReplyDelete
  4. ya,benar2 gak disangka kemarin itu...makasih ya afie...

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Bebas, sopan, dan jangan SPAM!