19 September 2009

Lima Wasit Di Liga Eropa

Banyaknya kejadian yang luput dari perhatian wasit menjadi perhatian tersendiri dari UEFA. Demi menjaga sportivitas dalam pertandingan sepak bola, UEFA berencana menerapkan metode pengawasan baru di lapangan.

Kalau biasanya wasit ditemani dua asisten, sekarang akan dibantu empat orang asisten. Jadi, total wasit yang akan bekerja di lapangan ada lima orang. Format baru ini diterapkan mulai pekan ini juga.

Penambahan jumlah asisten dalam satu pertandingan diharapkan bisa mengurangi insiden yang disebabkan oleh wasit dalam menilai aksi pemain. Kesalahan itu biasanya banyak ditunjukkan oleh kamera televisi yang merekam kejadian di lapangan dari berbagai sudut.

Nantinya, tetap satu wasit yang memimpin pertandingan. Dua wasit membantu di garis pinggir (hakim garis). Dua lagi membantu di sisi gawang. Dua wasit tambahan ini bertugas mengamati dengan lebih cermat apakah terjadi pelanggaran saat tendangan sudut, tendangan bebas, serta untuk memastikan apakah bola sudah melewati garis gawang.

Format baru ini sudah mendapatkan pujian dari pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson. Dia menilai, format ini akan sangat bermanfaat dalam serangan balik. "Dengan kecepatan pemain muda sekarang, sulit bagi wasit untuk mengejarnya. Ini adalah perkembangan baru dan perkembangan itu sangat penting," kata Ferguson.

5 comments:

  1. wah mantabbb.... petamaxxx...

    mudah-mudahan aj kinerja wasit jadi lebih berkualitas.... mantap sob info nya, kalau di indonesia itu udah berlaku belum sob?
    slamat hari raya

    ReplyDelete
  2. setuju penambahan asisten wasit akan lebih membuat pertandingan trekontrol dengan baik....baguss...

    ReplyDelete
  3. setuju banget..untuk mengawasi dan mengurangi pemain2 yg suka 'diving'...

    ReplyDelete
  4. Tambahan dua wasit di area sekitar gawang memang sangat dibutuhkan, mengingat banyak kejadian-kejadian kontroversial yang dulu sering terjadi seperti bola yang dipertanyakan apakah sudah melewati garis gawang atau belum. UEFA memang lebih maju dari FIFA dalam hal teknis peraturan permainan di lapanagn sepak bola.


    Saya Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1430H untuk Manchester United Indonesia, Peter Sianipar dan semua pengunjung blog ini :)

    ReplyDelete
  5. wah, penambahan wasit menurut saya penting sob meskipun camera sisi ti...... pada area pertandingan sampai ratusan biji, tetapi wasit lebih menarik dari penilaian penonton dibandingkan sisi ti...., karena wasit .......

    hehe.... sukses selalu sob

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar Anda. Bebas, sopan, dan jangan SPAM!